Thursday, April 14, 2016

Alur dan Mekanisme Pelaksanaan Sertifikasi Guru Pola SG-PPG Tahun 2016

Alur dan Mekanisme Pelaksanaan SG-PPG 2016 - Sebelum membahas alur dan mekanisme pelaksanaan sertifikasi guru melalui pola Pendidikan Profesi Guru (SG-PPG), alangkah baiknya jika anda baca dulu aturan mengenai Jadwal Pelaksanaan Kegiatan Penetapan Peserta Sertifikasi Guru, agar anda sebagai guru atau seluruh pihak yang terkait pelaksanaan sertifikasi guru memiliki pemahaman yang sama tentang Kriteria dan Penetapan Peserta Sertifikasi Guru Tahun 2016.

Sertifikasi Guru melalui Pendidikan Profesi Guru (SG-PPG) ini diperuntukan bagi guru yang diangkat sejak 31 Desember 2005 sampai 31 Desember 2015. Adapun guru yang dapat mengikuti sertifikasi guru melalui pola SG-PPG harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Baca juga: Inilah Persyaratan Sertifikasi Guru SG-PPG 2016.

Berdasarkan data guru pada sistem NUPTK, masih ada sejumah 273.410 guru yang diangkat sebelum 30 Desember 2005 dan 438.697 guru yang diangkat setelah 31 Desember 2005 sampai 31 Desember 2015 yang  belum memiliki sertifikat pendidik. Sementara itu kuota sertifikasi guru tahun 2016 ini adalah 350 ribu orang untuk PLPG dan SG-PPG. Bisa dibayangkan betapa ketatnya kompetisi untuk mendapatkan kesempatan bisa mengikuti sertifikasi guru tahun ini. Apalagi pemerintah menetapkan skala prioritas untuk penetapan peserta SG-PPG yaitu diurutkan berdasarkan : Nilai UKG 2015 (minimal 55), Usia, Masa Kerja dan Golongan kepangkatan.

Alur dan mekanisme pelaksanaan sertifikasi SG-PPG secara jelas dapat anda lihat pada gambar ilustrasi dibawah ini yang diambil dari Buku Panduan Sertifikasi Guru 2016 yang dikeluarkan oleh Tim Sergur LPMP Banten. Penyelenggaraan SG-PPG berbasis program studi ini dilaksanakan dengan durasi waktu total selama 165 hari atau 5,5 bulan. Mekanisme SG-PPG dengan pola In, On, In, On, dapat dijelaskan sebagai berikut:
  • In di kampus selama 20 hari untuk melaksanakan WS-1,
  • On kembali ke sekolah tempat tugas untuk melaksanakan PPL-1 selama 1,5 bulan,
  • In di kampus selama 25 hari ntk melaksanakan WS-2, dan
  • On kembali ke sekolah tempat tugas untuk melaksanakan PPL-2 selama 2 bulan
alur pelaksanaan sertifikasi guru pola sg-ppg, mekanisme sertifikasi guru sg-ppg 2016
Alur Pelaksanaan Sertifikasi Guru Melalui Pola SG-PPG 2016

alur pelaksanaan sertifikasi guru pola sg-ppg, mekanisme sertifikasi guru sg-ppg 2016
Mekanisme Pelaksanaan Sertifikasi Guru Melalui Pola SG-PPG 2016

Jika melihat alur dan mekanisme pelaksanaan sertifikasi SG-PPG di atas, sudah bisa dibayangkan betapa beratnya yang harus dilakukan oleh peserta SG-PPG. Diantaranya harus mengikuti workshop dan PPL, juga harus mengikuti Uji Teori, Uji Kinerja dan Ujian Tulis Nasional dengan nilai standar kelulusan minimal 80. Mampukah guru mendapatkan sertifikat pendidik dengan syarat-syarat seperti ini? Tentu anda sendiri yang bisa menjawabnya, tinggal tergantung tekad dan keseriusan masing-masing untuk belajar dan berjuang sampai akhirnya berhasil lulus dan mendapatkan nilai yang memuaskan.

Sebagai pelengkap pada artikel ini, silahkan anda download Panduan Pelaksanaan sertifikasi guru pola SG-PPG dari LPMP Banten dibawah ini.

>> Download Panduan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Pola SG-PPG 2016

16 komentar

Hmmm ternyata begini ya mas alurnya baru tahu saya, maklum lah kan saya terlalu lama menjadi murid dan bukan guru.

berarti jadi murid kesayangan yah, saya juga bukan guru kok mas

saya mumet kalau ikut mikirin tentang Mekanisme Pelaksanaan SG-PPG 2016.nggak paham banget pokoknya

yg penting kan komen disini.kwkw

bagus nih mas blognya terarah banget ke satu niche.
pasti bakalan cepet nangkring dihalaman 1 google soalnya banyak artikel terkaitnya

wah makin ribet ya sekarang

oh gitu yah mas, emang blom ada pembahasan yang laen mas hehehe...

ya gak kemana-mana kok mas cuma udah lama gak diupdate :D

lebih penting lagi tiap kali komentar samil bawain segelas kopi sama kue kleponnya dong :D

Kalah dilihat dari alur dan mekanisme pelaksanaannya berat juga apalagi nilai kelulusan harus 80...harus benar-benar berusaha ya mas..

Iya nih kata guru sih kamu itu ganteng sekali, ahi hi hi jadi sayang untuk meluluskanmu.

yo'i mas sonny harus berusaha dan berdoa pastinya :)

dibawa enjoy aja kalo gitu

Saya bukan dari hongkong mas tapi dari tasik.


EmoticonEmoticon