Saturday, April 30, 2016

Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hardiknas Tahun 2016

Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Peringatan Hardiknas 2016 - Peringatan Hari Pendidikan Nasional ditetapkan pada tanggal 2 Mei oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. Penetapan Hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa sangat luar biasa dalam dunia pendidikan kita, yaitu Ki Hajar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

dowmload pedoman pelaksanaan upacara bendera hardiknas 2016

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hajar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme pada seluruh insan pendidikan.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Hal ini dimaksudkan agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam menegakan pondasi pendidikan di Indonesia. 

Berkaitan dengan hal tersebut, untuk keseragaman dan tertibnya penyelenggaraan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 ini, maka perlu diterbitkan pedoman pelaksanaan upacara bendera.

Dengan membaca pedoman pelaksanaan upacara bendera peringatan Hardiknas tahun 2016, diharapkan anda dapat mengetahui tentang tujuan, sasaran dan tema, waktu pelaksanaan upacara bendera, pakaian upacara, susunan acara dan lain sebagainya. Selengkapnya silahkan anda download pedoman pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2016 pada link tautan di bawah ini.

5 komentar

nah ini nih artikel yang wajib di baca oleh para pembina upacara untuk disampaikan pada para siswa petugas upacara bendera di Harkitnas 2016 ini nih kan?...besok kan?

jadi ingat waktu jadi petugas upacara waktu seolah, tapi dulu saya tidak ada panduan seperti ini. Sekarang enak banget ya, semacam ada tutorial yang mudah di dapat.

iya besok peringati hardiknas kang

iya kang sekarang mah ada juknisnya

ya kang, kayaknya ini penting bagi para dewan guru, dirumah saya kalau udah ada acara HARDIKNAS, semua guru berkumpul di stadipn kanjuruan kandang AREMA. bukannya rapi kang, malah bikin macet, dan parahnya banyak yang ngobrol, tidak mengiktui secara khidmat


EmoticonEmoticon