Wednesday, May 4, 2016

Mendikbud, Distribusi KIP Ditargetkan Tuntas Akhir Mei 2016

IGTKI Kembangan, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menargetkan pendistribusian Kartu Indonesia Pintar (KIP) bisa tuntas pada Akhir Mei 2016. Diharapkan pengiriman dan pembagiannya dapat terselesaikan hingga 100 persen. Anies Baswedan menyatakan bahwa Kartu Indonesia Pintar telah dicetak dan dididstribusikan secara bertahap untuk menjangkau anak-anak usia sekolah di seluruh wilayah tanah air. Agar distribusi KIP sesuai target dan tepat sasaran, Kemdikbud Percepat Distribusi dan Permudah Pencairan Dana KIP dengan mengeluarkan surat edaran untuk menyederhanakan proses pencairan dana KIP tahun 2016.  

kemdikbud, distribusi kip ditargetkan tuntas akhir mei 2016

Kartu Indonesia Pintar merupakan pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP) yang menjadi program pemerintah untuk anak usia sekolah. Dengan adanya program KIP diharapkan bisa memberikan manfaat pendidikan secara optimal. Adapun sasaran penerima KIP yaitu setiap anak usia sekolah 6 sampai 21 tahun, baik yang telah bersekolah maupun yang belum terdaftar di sekolah. Pencetakan dan pengiriman KIP telah dilakukan secara bertahap ke seluruh Indonesia mulai awal 2016. Perintis Program Indonesia Mengajar ini mengatakan, target penerima dana KIP terus diperluas dengan menyasar anak usia sekolah (6-21 tahun) yang belum bersekolah pada 2016.

Untuk menyasar target yang tepat, KIP 2016 menggunakan data terbaru dari Basis Data Terpadu (BDT) yang diterima bertahap dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) mulai 10 Februari hingga 1 Maret 2016. Pencetakan KIP mulai dilakukan setelah menerima data dari TNP2K  yang telah melalui proses penyaringan dan sinkronisasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 

Tahun 2016, Kemendikbud menargetkan sebanyak 17.927.758 penerima KIP. Dengan kapasitas cetak 500 ribu per hari, per 20 April 2016, KIP sudah tercetak sebanyak 9.987.366 dan sebagian telah dikirimkan ke daerah. Selain proses percetakan dan pengiriman KIP, Kemendikbud mengklaim tengah menyiapkan proses SK untuk penerima dana KIP 2016. Penerima  ini difokuskan ke siswa tingkat akhir agar masih bisa menerima dana KIP sebelum tahun ajaran berakhir.

30 komentar

Semoga semua anak indonesia kebagian semua, srhingga tidak afa lagi kata putus sekolah buat putra putri indonesua, maju terus indonesia

Ddunia pendidikan kita semakin baik dan semakin perduli dengan warga negaranya. Dulu pendidikan itu terasa barang elit.

Mudah-mudahan saja sampai pada waktunya tidak meleset dari sasaran ,,. amin yra

semoga percepatan yang di rencanakan pemerintah untuk PIK dapat terdistribusi Mei 2016 ini lancar dan sukses tanpa ekses

Amiin, semoga aja seluruh anak-anak di indonesia bisa merasakannya kang

Hmm kalau masalah penantian seperti ini jadi keinget sama kisruh pesepak bolaan indonesia yang mengutamakan politik dibandingkan dengan profesionalismenya, hmm saya jadi was was nih mas soal penantian KIP semoga lancar dan tepat waktu.

ikut mendukung mang, semoga proses nya mudah dan lanacar :D

iya mang, memang sudah begitu diri dia mang :D

keep calm aja atuh kang, inget pesen Mang Lembu "santai aja kayak dipantei" :D

semoga saja pendidikan di indonesia semakin lebih baik dan tidak kalah dengan pendidikan luar negri

Harapan saya untuk pendidikan indonesia semoga makin sukses untuk kedepannya biar makin maju dan menghasilkan generasi hebat untuk negara kita ini.

Seandainya 4 th yg lalu KIP sdh ditargetkan, mgkn aku bisa melanjutkan pendidikan itu :( kuliah yg aku harap-hrapkan pupus krna ekonomi :'(

eh kenapa jadi balik lagi kesini artikel awalnya ya?
kok bisa begituh sih mang...kasih tau atuh caranya, munculan awal untuk artikel jadul

apa hubungannya saya dengan pantey, coba?

saya ikut prihatin neeng...

intinya kedepan semoga KIP bisa tuntas sesuai mendikbut

mendikbut itu bahasa apa ya...?

Saya pikir mungkin dengan umang kali mamang kan umang juga suka nyantai kaya dipantai.

smoga semakin merata, dan banyak pelajar terbantu dg KIP

Semoga rencana ini bisa sukses dan bisa terus berlanjut...
Amiin.. :D

sudah keluar mas, hanya masih banyak siswa saya yang gak dapet

Maksadna kang lembu kaya umang kitu ? apa kumah ieu teh kang ? :)

Semoga saja benar target sasarannya, agar tidak ada lagi yang beralasan tidak menyekolahkan anaknya karena faktor u


EmoticonEmoticon